MEMILIH LAPTOP UNTUK GAME


MEMILIH LAPTOP UNTUK GAME

Tidak dapat di pungkiri  lagi, bahwa laptop game itu mahal laptop game paling murah masih berada di 10 jutaan. Walau mahal laptop game tetap menjanjikan dalam bidang game. Game adalah sebuah video yang menggunakan pemiliknya untuk menggerakan karakter game tersebut, game sudah ada saat jaman dahulu sejak 50 tahun yang lalu yang berawal dari lampu yang bergerak sampai memiliki gambar, pada saat ini yang makin lama game semakin membaik dari soal grafis dan cerita. tak lama ini, game online makin berkembang karena android semakin lama semakin canggih. Hp android zaman sekarang sudah mengalahkan PC tahun 2000an. Yang pada saat itu pc tahun 2000an masih gak berdaya menjalankan game berat zaman sekarang. Maka dari itu hp android menjadi banyak di incar banyak kalangan anak muda. Tetapi game di pc lebih 1000 kali lebih banyak di bandingkan game android karena PC bisa memainkan banyak genre seperti FPS dan RPG dan TPS dan lainnya bahkan game mobile lagens game android bisa di mainkan di pc dengan emulator bernama bluestack, nox dan koplayer. Maka game harus memiliki spek pc/laptop yang kuat di karenakan sekarang tidak lagi main slide pada game nes dan sega tetapi sudah menggunakan pixel yang sudah resolusinya sampai sekarang 4K dan sampai 8K. Mari saya beritahu bila anda harus membeli laptop untuk game, saya disini hanya membahas laptop tidak membahas pc, dikarenakan pc mudah di ubgrade dan di ganti componentnya. Laptop juga bisa di ubgrade biasanya hanya bisa di ubgrade RAM dan HDD/SSD.
Sekarang saya beritahu tips membeli laptop untuk game yang ramah di kantong/ tidak terlalu mahal seperti laptop terkenal.

1.Cari lah teman yang mengerti tentang computer .
Dengan mencari teman yang mengerti computer bisa lebih mudah untuk memberi tips atau pengetahuan tentang laptop, di karenakan bila anda beli laptop tanpa orang yang mengerti bisa saja anda tertipu oleh toko yang tidak bertanggung jawab.

2.Mengetahui hardware yang akan di incar
Mengetahui hardware yang akan di incar ini sangat penting jadi jangan asal beli yang penting kuat. Jangan asal beli laptop yang RAMnya 8GB dan 16GB karena RAM hanya sedikit berpengaruh bagi game yang di mainkan, dan juga jangan asal beli i7. I7 memiliki generasi atau seri pada procesor misal laptop laptop menggunkanan i7 4770U maka sampai kapan pun tetap gak akan kuat seperti seri i7 4770HQ. Jadi bila beli, cari yang generasinya yang baru dan serinya yang mumpuni untuk game misal: i7 4770HQ : bila berwarna merah versi processor, warna kuning generasi procesor, dan warna biru seri processor (maaf bila salah karena masih belajar). Lalu pilihlah yang memiliki GPU (GRAFIK PROCESSING UNIT) yang mengelolah gambar dalam layar. Misal anda kurang dana atau sedikt uang saat ini anda bisa beli versi AMD ryzen apu atau intel i7 yang memiliki intel UHD dan INTEL HD 4000 AN lebih baik karena versi intel HD tersebut sudah sekuat R7 250 pada saat itu, maka belilah GPU internal yang baik jangan asal beli.

3.Memilih ukuran
Ukuran di sini sangat penting bila anda beli laptop game yang besarnya sebesar batu bata maka sulit di bawa kemana-mana, di karenakan berat dan akan memakan tempai, jadi belilah laptop gaming yang pas buat kamu bawa kemana mana. Adakok laptop gaming hanya 2 kilo makanya harus cari dulu sebelum membeli barangnya. Ini sangat penting misal laptop sebesar buku kuliah atau batu bata akan sama saja dengan ps4 atau pc yang besar, tetapi tidak seboros PC atau PS4 yang sering di mainkan banyak orang. Maka carilah laptop maksimal 17-15 inchi karena itu standard laptop yang mudah di bawa kemana-mana.

4.Memilih fitur yang penting dalam laptop ter sebut
Memilih fitur disini carilah usb yang memiliki minimal 3 slot dan harus usb 3.0 tidak hanya usb slot pada display harus lengkap seperti VGA dan HDMI misal sudah meggunakan usb type-C itu lebih baik lagi. Di sarankan laptop gaming harus memiliki dvd rom yang suatu saat di butuhkan untuk gaming. Dan carilah laptop gaming yang memiliki 2 kipas atau fan, karena panas akan keluar dengan cepat yang akan menimbulkan over heat yang akan merusak laptop tersebut. Dan carilah lubang pentilasi yang berada di bawah karena misal pembuangan panas di samping akan rawan terkena panas di tangan dan dapat menimbulkan penyakit pada kulit. Bila pentilasi berada di belakang itu lebih baik karena terhindar dari panas yang di keluarkan dari laptop tersebut.

5.Spesifikasi
Spesifikasi sangat lah tidak asing lagi, bagi laptop gaming yang banyak di incar seseorang saat beli laptop. Laptop mahal atau murah yang paling banyak di cari adalah spesifikasi dan desain dari laptop tersebut.

A.PROCESSOR
Pilihlah procesor minimal i5,i7 atau ryzen 5 dan ryzen 7 di karenakan procesor tersebut sangat mampu berjalan pada game jaman sekarang, i3 dan ryzen 3 bisa juga, tapi disini saya jaga jaga karena kalian kan gak mau menyesal saat beli laptop mahal dan tiba tiba game tersebut tidak jalan, kan akan menyesal. Lebih baik beli yang versi tinggi atau procesor yang kuat.

B.GPU (GRAFIK PROCESING UNIT)
  Game adalah suatu sistem yang mengelolah grafis maka GPU sangat penting dalam laptop, terutama laptop gaming. Tapi GPU jaman sekarang sudah ada dalam cpu itu sendiri, yang dinamakan  (IGP). Tetapi IGP saat ini belum bisa menyamakan GPU seri terbaru. Karena (IGP) itu berada dalam satu chip pada processor maka kekuatan pada IGP sangat bergantung pada RAM.

C.RAM
RAM di sini adalah penyimpanan sementara yaitu penyimpanan yang membantu processor dalam bekerja pada sistem. Misal anda menjalankan suatu program/ aplikasi. Disini sangat membutuhkan RAM besar, ram besar disini bukan harus membeli 64GB, itu sangat kelewatan dari minimum yang di pakai. Jadi carilah RAM yang sesuai dengan kebutuhan misal untuk game minimal ram 4-8 GB kalau edit 8-16GB jadi belilah sesuai kebutuhan.

D.HDD/SSD
Hardisk dan SSD adalah penyimpanan dalam laptop. Ini adalah peran penting misal anda seorang gamer karena SSD memiliki kecepatan yang sangat cepat dibandingkan hardisk, di sarankan anda harus memilih keduanya kalau dana mencukupi. Karena SSD DAN HARDISK harus ada dalam laptop gaming, HDD memiliki penyimpanan besar di harga yang murah di bandingkan SSD saat ini.

E.BATTRE
Batre bukan segalanya karena laptop gaming biasanya sambil di colok biar kekuatan laptop tersebut memiliki tenaga yang tinggi. Bila anda memainkan game tanpa di colok maka carilah laptop dengan batre laptop terkuat dan tahan lama. Batre suatu saat akan lemah dan mati misal anda pakai terus menggunakan batre maka batre tersebut akan lemah terus menerus.

F.PANEL PADA LCD
Panel lcd pada laptop gaming carilah yang IPS. Dikarenakan laptop yang  menggunakan panel ips harga mahal. Maka TN bisa jadi solusi, karena layar TN saat game, itu tidak terlalu berpengaruh dalam suatu game.

G. KEYBOARD
Keyboard sangat penting dalam laptop. Dikarenakan keyboard yang enak di tekan akan memiliki kesan yang baik bagi si pengguna. Bila anda membeli laptop di sarankan anda beli ditoko saja, bisa di coba dan dirasakan pencetan dalam tombol keyboard tersebut.
Itu saja yang saya bisa tuliskan, bila ada salah mohon maaf karena saya juga masih belajar komputer. Dan juga maaf bila tidak menampilkan gambar di karenakan saya tidak memiliki laptop gaming ingin saya foto.



Komentar

Postingan Populer